Wednesday, October 27, 2010

EKSPLORASI DAN ISOLASI ENZIM GLUKOSA OKSIDASE DARI FUNGI INPERFEKTI (GENUS Penicillium dan Aspergillus) INDIGENUS *)

EKSPLORASI DAN ISOLASI ENZIM GLUKOSA OKSIDASE DARI FUNGI
INPERFEKTI (GENUS Penicillium dan Aspergillus) INDIGENUS *)

Firman A.P
I Nyoman P. Aryantha
KPP Ilmu Hayati LPPM ITB
Jalan Ganesha 10 Bandung 40132
ABSTRAK
Telah dilakukan eksplorasi fungi imperfecti genus Pencillium dan Aspergillus indigenus yang dapat memproduksi enzim glukosa oksidase. Dari 93 isolat yang diuji (ditapis) secara kualitatif dengan metode uji tabung reaksi berisi medium glukosa dengan indicator bromcresol purple (BCP), diperoleh 11 isolat yang positif menghasilkan enzim glukosa oksidase. Ke 11 isolat tersebut adalah Aspergillus niger BT-I, Aspergillus niger BT-2, Aspergillus niger B-1, Aspergillus niger 15, Aspergillus niger III, Aspergillus niger DDL-1, Aspergillus niger 2, Aspergillus niger 3, Penicillium sp-3 dan Penicillium sp-M. Hasil isolasi dan uji aktivitas enzim dengan metode kolorimetri diperoleh 10 isolat yang aktif memproduksi enzim glukosa oksidase intrasel dengan aktivitas sebagai berikut: Aspergillus niger BT-1 (8,0 unit/mL), Aspergillus niger BT-2 (15,55 unit/mL), Aspergillus niger B-1 (15,72 unit/mL), Aspergillus niger 15 (2,87 unit/mL), Aspergillus niger III (14,81 unit/mL), Aspergillus niger DDL-1 (16,20 unit/mL), Aspergillus niger 2 (10,23 unit/mL), Aspergillus niger 3 (12,89 unit/mL), Penicillium sp-3 (14,01 unit/mL) dan Penicillium sp-M (2,15 unit/mL). Dari hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa isolate fungi imperfekti lokal (Penicillium dan Aspergillus) memiliki potensi sebagai penghasil enzim glukosa oksidase yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Saat ini sedang dilakukan karakterisasi enzim glukosa oksidase dari masing-masing isolat terpilih.
Kata kunci: Penicillium, Aspergillus niger, glukose oksidase

PENDAHULUAN
Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki bahan baku melimpah untuk digunakan dalam memproduksi berbagai bahan kimia dasar dan enzim termasuk enzim glukosa oksidase dan asam glukonat. Mikroba yang ada di alam Indonesia baru sebahagian kecil yang telah dimanfaatkan untuk memproduksi bahan hayati yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Potensi alam tersebut tersebut hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. Enzim glukosa oksidase dari A.niger termasuk salah satu jenis enzim yang dijual secara komersial. Enzim ini banyak digunakan dalam industri pangan dan analisis klinis untuk penentuan kadar glukosa darah. Berdasarkan data impor dari BPIS Tahun 2000, kebutuhan enzim termasuk glukosa oksidase setiap tahunnya meningkat. Penelitian enzim glukosa oksidase dari fungi isolat lokal (A.niger dan Penicillium notatum) telah dimulai sejak tahun 1979. Selanjutnya telah pula dilakukan penelitian isolasi enzim glukosa oksidase dari A.niger L 51 galur lokal Namun aktivitas dan perolehan enzim glukosa oksidase dari fungi tersebut di atas sangat rendah sehingga tidak efesien untuk diproduksi dengan skala industri (Firman dan Soedigdo, 1994).

Studi keberadaan enzim glukosa oksidase dari fungi galur lokal khususnya genus Penicillium indigenous belum pernah dilaporkan, padahal produksi enzim glukosa oksidase dari fungi genus Penicillium lebih efisien dan menguntungkan karena enzimnya terdapat diluar sel ekstraselular), relatif stabil sehingga mudah untuk dimurnikan. Pada penelitian ini telah dilakukan eksplorasi fungi inperfekti genus Penicillium dan Aspergillus galur indigenous yang dapat memproduksi enzim glukosa oksidase dengan aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan enzim glukosa oksidase dari isolat fungi galur lokal yang telah dilaporkan sebelumnya. Pada penelitian selanjutnya akan dilakukan kajian secara menyeluruh enzim glukosa oksidase dari isolat-isolat potensial tersebut.

Tujuan Penelitian

Glukosa oksidase (GOD) termasuk salah satu enzim diagnostik yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Dilihat dari potensi alam serta keaneka ragaman hayati yang ada maka produksi enzim glukosa oksidase maupun enzim diagnostik lainnya sangat menguntungkan. Untuk mendapatkan mikroba potensial diperlukan penelitian penapisan mikroba lokal yang mampu menmproduksi enzim glukosa oksidase dengan aktivitas yang tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi fungi genus Penicillium dan Aspergillus indigenus penghasil enzim glukosa oksidase serta mempelajari sifatsifat enzimnya.

DOWNLOAD FULL PAGE : KLIK HERE
BUY CHEMYSTRI BOOKS'S : KLIK THIS PICTURE

Post a Comment

Share This

PERLU ANDA TAHU

temukan semuanya di sini