Giliran Argentina Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES--Argentina pada Senin waktu setempat (6/12) menyatakan mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang bebas dan merdeka. Pengakuan itu diumumkan beberapa hari setelah Brasil melakukan langkah serupa yang menyulut kecaman-kecaman sengit dari anggota parlemen Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Presiden Argentina Cristina Kirchner menulis surat kepada Presiden Palestina Mahmud Abbas yang isinya mengatakan, negaranya mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang ditetapkan dengan perbatasan 1967. Pihak Israel segera menanggapi dengan menyatakan penyesalan atas pengakuan Argentina itu.

"Keputusan yang patut disesalkan ini sama sekali tidak akan membantu mengubah situasi antara Israel dan Palestina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Yigal Palmor. "Itu merupakan deklarasi mengecewakan yang bertentangan dengan semangat perjanjian antara Israel dan Palestina dan dengan negosiasi bagi perdamaian.''

Brasil mengumumkan pengakuannya atas negara Palestina merdeka dengan perbatasan 1967 pada Jumat, yang menyulut tanggapan sama dari Israel. Negara Yahudi tersebut menyatakan 'sedih dan kecewa' atas pengakuan itu.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment